Setiap tubuh manusia akan menghasilkan minyak lewat kelenjar sebaceous yang berfungsi untuk menjaga kulit agar lembab, terhidrasi dan sehat. Namun pada kulit yang berminyak, kelenjar sebaceous ini bekerja begitu aktif yang disebabkan oleh beberapa faktor tertentu. Hal ini akan mempengaruhi kesehatan pada kulit seperti rentan berjerawat karena kotoran / minyak yang mudah menyumbat pori-pori.

Faktor yang mempengaruhi produksi minyak berlebih.

Faktor Keturunan

Kondisi kulit berminyak dapat diakibakan dari keturunan. Jika salah satu orang tua memiliki kondisi wajah yang berminyak. Kemungkinan dalam keturunannya akan memiliki masalah yang sama.

Perubahan Hormon

Pada saat wanita mengalami menstruasi, pra menopause dan selama hamil, hormon endrogen yang dihasilkan lebih banyak sehingga akan memicu kelenjar sebasea memproduksi sebum lebih banyak.

Pikiran Stress.

Saat stress kulit akan memproduksi kelebihan hormon endrogen di dalam tubuh, sehingga ini dapat menyebabkan produksi minyak berlebih.

DON’Ts Merawat Kulit Berminyak.

Melewatkan Pelembab.

Pemilik jenis kulit berminyak banyak yang ragu untuk menggunakan pelembab karena takut hasil kulit wajah tampak berminyak, padahal itu tidak benar. Kulit berminyak juga membutuhkan moisturizer untuk menjaga dan mengontrol kelembapan alami kulit. Kulit tidak di beri kelembapak hanya akan memproduksi lebih banyak minyak, jadi penting menjaga kelembapan kulit dengan menggunakan pelembap setiap hari.

Tidak membersihkan wajah setelah beraktifitas.

Setelah seharian beraktivitas, debu dan kotoran banyak tertinggal di kulit. Jangan biarkan terlalu lama yang bisa menyebabkan penyumbatan pori-pori, jadi sangat disarankan selalu membersihkan wajah setelah beraktivitas seharian.

Menggunakan make up terlalu tebal.

Lapisan make up terlalu tebal akan menutup saluran keluarnya minyak pada wajah. Jika dibiarkan terlalu lama, hal itu hanya akan membuat pori-pori tersumbat dan menimbulkan masalah lain seperti jerawat dan komedo.

Terlalu sering mencuci wajah.

Jika terlalu sering mencuci wajah dengan facewash maka kelenjar kulit akan menjadi dangat kering sehingga akan memproduksi lebih banyak minyak untuk memberikan kelembapannya.

DO’s Merawat Kulit Berminyak.

  • Menggunakan facewash 2x sehari dan double cleansing di malam hari.
  • Selalu menggunakan sunscreen setiap hari.
  • Menggunakan pelembap pagi dan malam hari.
  • Melakukan eksfoliasi dengan produk yang gentle.
  • Mengonsumsi makanan yang sehat.
  • Konsisten merawat kulit.