Apa itu Beruntusan?

Beruntusan merupakan kondisi dimana terdapat bintik-bintik kecil berwarna kemerahan di sekitar area wajah terutama pada dahi. Kondisi ini terbentuk saat sel-sel kulit mati, minyak berlebih dan bakteri terperangkap di dalam pori-pori kulit yang tidak dibersihkan, sehingga timbul benjolan kecil di area permukaan tersebut.

Apa Penyebab Munculnya Beruntusan?

  • Stress
  • Faktor genetik
  • Pengaruh model rambut
  • Pemakaian helm atau topi
  • Memencet jerawat
  • Sering menyentuh jerawat
  • Makanan yang kurang baik

Bagaimana Cara Merawat Kulit Agar tidak Beruntusan di Daerah Dahi?

Mencuci wajah terlalu sering.

Jika terlalu sering mencuci wajah dengan face wash maka kelenjar kulit akan menjadi sangat kering sehingga akan memproduksi lebih banyak minyak sehingga memicu sumbatan yang mengakibatkan munculnya beruntusan.

Kurang bersihnya dalam membersihkan wajah.

Beruntusan terjadi karena minyak dan sel-sel kulit mati yang menumpuk. Hal ini terjadi karena kurang bersihnya saat mencuci wajah. Sehingga kotoran dan minyak tersebut masih menempel di wajah.

Jarang mengganti sarung bantal.

Pada saat kita tidur ranpa disadari kulit wajah akan bersentuhan dengan sarung bantal tersebut sehingga kuman dan kotoran akan hinggap dan terjadilah inflamasi dan beruntusan.

Tips Menghilangkan Beruntusan.

Menjaga kebersihan wajah.

Melakukan Deep Cleansing, menggunakan alat brush aau sponge saat membersihkan wajah.

Melakukan Double Cleansing, membersihkan wajah dengan dua metode ( menggunakan oil based dan face wash), agar semua kotoran dapat terangkat secara maksimal.

Mengurangi pemakaian make up.

Make up salah satu penyebab terjadinya beruntusan, oleh karena itu kurangi pengginaak make up dan fokus dengan mengatasinya.

Exfoliating.

Gunakan produk eksfoliasi yang mengandung AHA/BHA yang dapat mengangkat sel kulit mati dan minyak berlebih.

Selalu menjaga pola makan yang baik dan sehat.

Agar menjaga kulit tetap sehat, konsumsi makanan buah dan sayur serta menghindari makanan berminyak/kandungan gula tinggi.